Minggu, 14 November 2010

Tips Mencontek

Saat Ulangan Umum tiba, kita selaku peserta ulangan, sering kali merasa gugup dan blank tiba-tiba pada saat ulangan. Tentunya kita akan melakukan suatu trik, mungkin ini sedikit membantu.

1. Menaruh Buku Di Laci Meja
 Jika menaruh buku di laci meja, jangan terlalu tebal tentunya. Dan resiko ketahuannya sangat besar, jadi jika membawa buku ke laci meja, tutupi buku itu dengan lembaran soal yang tidak ada kaitannya dengan pelajaran hari itu. Hal ini akan mengecoh pengawas yang mencurigai kita. Ketika pengawas merogoh laci, tentunya tidak akan melihat ke dalam laci, tapi hanya menngerayangi apa yg ada di dalam laci, nah, dengan soal yang kita taruh di dalam laci tadi, sang pengawas berpikiran bahwa yang tadi kita buka adalah soal-soal yang tidak ada kaitannya dengan pelajaran hari itu.

2. Ber-SMS
 SMS merupakan hal yang sangat popular dalam hal nyontek berjamaah. Lebih disarankan untuk menyontek pada soal pilihan ganda saja. Jika menyontek untuk essay, lebih baik jangan dulu deh. Soalnya untuk membaca jawaban essay sangat dibutuhkan waktu yang cukup lama dan mengundang perhatian si pengawas.

3. Search Google
 Pada soal essay, lebih baik buka di Google aja. Untuk keywordnya, masukin aja pertanyaan yang ada di soal. Hal ini menunjang pencarian yang lebih efisien.

4. Bawa Memory Eksternal
 Memory eksternal disini bermakna bawa kertas kecil hasil ‘merangkum’ semalam sebelum tes. Jika ingin trik ini lancar, maka bawalah tempat pensil yang tertutup, jangan yang transparan. Biasanya anak perempuan lebih suka menggunakan trik ini.

5. Kode Rahasia
 Jika kita sudah mentok dan nggak ada jalan lagi, lebih baik tanya temen yang nggak pelit. Tapi lebih baik Tanya di pilihan ganda aja, soalnya kalau tanya essay bakal kelamaan. Kalau pilihan ganda, lebih baik pakai kode rahasia bahasa tubuh. Misal jika jawaban itu “A”, maka cara menjawabnya telunjuk d letakkan di alis, jika “B” jari telunjuk diletakkan di pipi, dan begitu seterusnya.
 
6. Doa
Tentunya berdoa kepada-Nya tidak boleh ketinggalan. Karena hanya kepada-Nya kita mendapat restu. Dan jangan lupa untuk minta doa restu kepada orang tua


Mungkin trik diatas sangat membantu kita dalam mengerjakan tes, tapi kita juga harus berusaha belajar dan belajar. Trik diatas berguna jika kita benar-benar kepepet. Well, selamat mencoba dan good luck!!
 

0 komentar:

Posting Komentar